Berbagi itu indah

Join Table Menggunakan Query Builder Class Pada Codeigniter

Halo teman-teman pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang Join Table Menggunakan Query Builder Class Pada Codeigniter, fungsi dari JOIN didalam SQL digunakan untuk menampilkan data pada sebuah table yang saling berhubungan atau berelasi, maksudnya yaitu kita menampilkan data dalam beberapa table hanya dengan menggunakan satu kali perintah. Pada codeigniter terdapat sebuah perintah Query Builder Class secara fungsi perintah query ini hampir sama dengan kita menggunakan query pada PHP biasa, hanya saja pada Query Builder Class kita menggunakan fungsi dan class yang terdapat pada codeigniter.

Contoh sederhana Query Builder Class pada codeigniter seperti kita menampilkan semua data dari table yang kita tentukan misalnya :

Query biasa : SELECT * FROM nama_table;

Query Builder Class : $query = $this->db->get(‘nama_table’);

jika kita jalankan pada browser maka hasil output dari kedua query tersebut akan sama menampilkan semua data dari table yang kita tentukan.

Tpi bagai mana jika kita menampilan data pada table yang berbeda,.? nah maka dari itu kita akan menggunakan fungsi join table pada table yang kita tentukan seperti dibawah ini

Table 1.

Struktur Join Table Menggunakan Query Builder Class Pada Codeigniter seperti dibawah ini :

$this->db->select(‘*’); // memilih semua field atau data
$this->db->from(‘nama_tableA’); // dari table (memilih table)
$this->db->join(‘nama_tableB’,’nama_tableB.id’= nama_tableA.id) //mengabungkan antara table A dan table B dan didalam table A terdapat id dari table B
$query = $this->db->get(); //melakukan proses penyimpanan ke database yang sudah di get atau di ambil ke query

Join table menggunakan query bisa :

SELECT * FROM post JOIN category on post.category_id=category.id_category;

Join table menggunakan Query Builder Class :

$this->db->select(‘*’);
$this->db->from(‘post’);
$this->db->join(‘category’, ‘category.id_category = post.category_id’);
$query = $this->db->get();

Jika perintah Query Builder Class diatas kita jalankan maka hasil akan sama jika kita menggunakan query biasa pada codeigniter.

Oke teman-teman itulah pembahasan kita tentang Join Table Menggunakan Query Builder Class Pada Codeigniter, sekian dulu tutorial kita kali ini mengenai Join Table Menggunakan Query Builder Class Pada Codeigniter.

Semoga bermanfaat.

Anda mungkin juga berminat
Loading...